Rabu, 10 Desember 2008

Hotspot Sekolah, Perlukah?

Tulisan ini berasal dari sebuah lontaran kecil Direktur, yang saat itu kita lapor atas selesainya pemasangan mini Wifi di SMP Al Azhaar, sepekan setelah pemasangan. Diskusi kecil yang sering kami lakukan disela-sela aktifitas masing-masing, untuk meningkatkan daya informasi, demi perkembangan peniddikan.

Alhamdulillah dapat mini hotspot! begitu saya sampaikan, namun ada disuatu sisi lain hal ini hanya akan mubadzir saja bila para pengguna-nya (siswa dan guru, mungkin juga orang tua) tidak memanfaatkannya dengan baik.
MEmanfaatkan? karena lingkupnya hanya di sekolah, berarti siswa harus siap koneksi bila perlu dengan wifi. Wah... begitu komentar saya. Bagaimana tidak mubadzir... PC atau Laptop dikalangan siswa belum terbiasa dibawa ke sekolah, sedangkan lab komputer siswa sudah terkoneksi internet semaunya.... JAdi?
Saya jadi berpikir, kalau begitu sekolah lain yang juga memasang mini WIFI bagaimana kebiasaan warga sekoalhnya ya? apa memang menggunakan koneksi wifi atau hanya akan menjadi ikon IT saja? terkecuali selama ini para alumni SMP Al Azhaar yang sekarang berada di SMK 1 TAG (ESEMKITA) yang ada WIFI, ada jurusan TI, dan siswa sudah maju memenfaatkan koneksi internet untuk kebiasaan tugas... dan bisnis... Ya. Bisnis! Semisal si A, siswa SMK butuh kamera digital, maka teman lain mencarikan dan pesan di internet, tentunya dengan ATM nya sendiri, maka dua orang siswa ini berbisnis melalui internet. Yah... begitu kondisi saat ini.

(Dan sejak saat entri ini saya simpan tanggal 8 Desember, hingga saya publish hari ini, agaknya belum teroptimal-kan penggunaan mini-Hotspot yang sudah terpasang di SMP Islam Al Azhaar).

Semoga selalu menjadi inspirasi.
Perbuat yang terbaik, Allah Ta'ala, Rasul, dan orang beriman akan menyaksikan.

Abu Qowwiim

2 komentar:

Ayyub Syafii mengatakan...

Ada istiliah W-Learning...Wireless Learning, istilah ini digunakan untuk pembelajaran berbasiskan koneksi wireless atau yang kita kenal dengan Hot-Spot.

Hot-spot ini tidak harus terhubung ke Internet, bisa saja menghubungkan jaringan lokal kita. Pembelajaran berbasiskan ini sudah banyak dipakai dan aplikasi yang banyak digunakan adalah Moodle.

Apa itu Moodle, coba cari tahu dengan Om Google.

Selamat menikmati W-Learning.

Ayyub Syafii

Abu Qowwiim mengatakan...

Iya terima kasih Mas Ayub atas pencerahannya... Tapi agaknya moodle masih terlalu berat diinstall di P3 sekolah... Tetap kasih support ya..